Sabtu, 28 Juni 2014

Faktor Keguguran Ibu Hamil

      Keguguran adalah janin yang keluar dari kandungan ibunya sebelum waktunya. Janin yang keluar saat keguguran biasanya sudah tidak bisa lagi diselamatkan. Keguguran ini biasanya terjadi sebelum usia kehamilan mencapai 20 minggu. Hal ini kemudian membuat pada calon Ibu bertanya-tanya, hal apa saja yang menyebabkan keguguran.
     Pada artikel ini akan dijelaskan beberapa hal yang menjadi penyebab keguguran pada Ibu hamil. Hal ini agar para calon Ibu dapat menjaga kandungannya sebaik mungkin. Faktor penyebab keguguran dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor internal. Faktor internal adalah keguguran yang terjadi karena keadaan janin itu sendiri, salah satunya adalah kelainan kromosom pada janin. Sedangkan faktor eksternal adalah keguguran yang disebabkan oleh keadaan dari calon Ibu.
     Untuk faktor internal, Anda mungkin tidak bisa menghindari hal tersebut. Karena bisa saja ternyata janin dalam kandungan Anda mengalami masalah yang tidak bisa Anda ketahui dan deteksi. Hal tersebut mungkin saja baru akan terdeteksi saat Anda keguguran. Namun untuk faktor eksternal, Anda bisa menghindarinya atau meminimalisirnya.
Berikut ini adalah beberapa penyebab keguguran pada Ibu Hamil:
  • Kesehatan Calon Ibu

     Sebagai calon Ibu, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatannya. Karena berbagai penyakit yang menyerang calon Ibu berpotensi menyebabkan keguguran pada janin yang berada dalam kandungan. Beberapa gangguan kesehatan yang berpotensi menyebabkan keguguran adalah sistem imunitas tubuh yang lemak, diabetes, virus hepatitis, herpes, toxoplasma, cytomegalovirus, rubella, infeksi kronis dan ganggauan pada hormon.
  • Keadaan Rahim

     Faktor penyebab keguguran berikutnya adalah keadaan rahim. Ada wanita yang rahimnya kuat namun ada juga wanita yang rahimnya lemah. Bagi wanita yang rahimnya kuat, dia bisa menjaga kandungannya hingga melahirkan. Sedangkan wanita yang rahimnya lemah, dia tidak mampu menjaga kandungannya. Kekuatan rahimnya tidak bisa mengimbangi bobot janin yang semakin naik setiap harinya. Jika rahim sudah tidak sanggup untuk menahan janin, maka calon Ibu akan mengalami keguguran. Wanita yang rahimnya tidak kuat biasanya hanya mampu menjaga kehamilannya hingga trimester pertama.
  • Pola Hidup yang Tidak Sehat

     Pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan tubuh. Berbagai penyakit bisa ditimbulkan pola hidup tidak sehat. Beberapa hal yang dimaksud adlaah kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol dan obat-obat terlarang ; tidak mendapatkan istirahat yang cukup ; makanan tidak sehat ; polusi dan radiasi ; dan lain-lain.
Sumber : - http://segiempat.com/kehamilan/masalah-kehamilan/penyebab-keguguran-pada-ibu-hamil

Silahkan Berkomentar di bawah ini.